Gereja ayam , eksotisme tersembunyi dari kota magelang

 
Gereja ayam ini sebenarnya dibangun dengan maksud menyerupai burung merpati.


Magelang - Magelang merupakan kotadi jawa tengah yang jarang terekspos keindahan wisatanya. Yang paling terkenal dikalangan para wisatawan biasanya Candi Borobudur. Namun siapa di sangka ada tempat wisata yang tidak jauh dari Candi borobudur yang tidak kalah menari.

Selang beberapa kilometer dari kompleks candi prambanan terdapat tempat bernama Puntuk Setumbu atau Bukit Rhema atau biasa dikenal oleh warga sekitar dengan nama gereja ayam karena sebuah bangunan berbentuk menyerupai ayam raksasa berdiri di sana.

Sejarah Bukit Rhema


Awal sejarah bangunan ini didirikan pada Tahun 1988 oleh seseorang bernama Daniel Alamsyah yang berfungsi sebagai gereja. Namun dikarenakan warga sekitar tidak setuju dengan dibangunya gereja di lokasi ini, maka pembangunan gereja ini tidak dilanjutkan lagi. Bangunan ini sempat tidak terurus selama beberapa tahun.

Saat ini gereja Ayam sudah dikelola dan sudah dirawat dengan lebih baik sebagai lokasi wisata. Hal yang menarik adalah, Puntuk setumbu merupakan lokasi terbaik untuk melihat candi borobudur pada saat matahari terbit.

Pemandangan dari atas gereja ayam

Di tempat ini, matahari terbit di antara gunung merapi dan merbabu. Konon katanya, pemandangan inilah yang menjadi inspirasi lukisan anak-anak kecil sejak jaman dulu.

Untuk masuk ke lokasi ini rekan-rekan hanya ditarik biaya retribusi :
Wisatawan Domestik : Rp 15.000,-
Wisatawan Asing : Rp 35.000,-

Untuk lokasi, tidak usah khawatir karena lokasi sudah tertera di Aplikasi Google Maps.