Tips Jalan-jalan ke Bromo



Gunung bromo Sudah menjadi daya tarik tersendiri di kalangan traveler. Selain karena menyuguhkan pemandangan alam yang luar biasa, Kawasan wisata gunung bromo ini juga memiliki rute yang mudah dijangkau oleh rekan-rekan traveller.

Berikut PojokNusantara agan berbagi tips untuk berwisata ke gunung bromo, tentunya akan kita kupas tuntas mengenai rute dan biaya yang dihabiskan untuk bisa menikmati wisata ini.

Yang pertama , rekan traveller harus membeli tiket menuju kota malang bisa melalui jalur darat dengan biaya 100-400rb untuk bus , 80rb - 500rb untuk kereta ataupun jalur udara sekitar 500rb - 2jt untuk penerbanganya. Tentunya dengan kelas-kelas sesuai kebutuhan dan budget masing-masing.

Rute
setelah sampai di kota malang rute yang harus di tempuh:  Malang - Terminal Arjosari - Probolinggo - Cemoro lawang .
Apabila menggunakan kereta atau bus segera menuju terminal arjosari dengan menggunakan angkot warna biru (biaya sekitar Rp 4.000,-/orang)
Apabila turun di bandara bisa menggunakan Taxi atau Taxi online (Grabcarsudah tersedia di malang) menuju terminal arjosari.

Dari terminal arjosari cari bis yang tujuan Probolinggo (AC : 30-40rb , non AC: 10rb)
usahakan sampai di terminal probolinggo sebelum jam 10 pagi karena dari terminal probolinggo kita akan lanjut menggunakan mobil Elf yang baru akan jalan setelah penuh 15 penumpang

Turun dari terminal probolinggo segera keluar dan berjalan ke sebelah kiri, disini rekan traveller bisa memilih 2 jenis transportasi antara lain :

Ojek : 70rb - 150rb (dekat terminal akan menawarkan harga mahal tapi apabila sedikit lebih jauh bisa lebih murah) kelebihanya, rekan-rekan tidak perlu menunggu lama untuk sampai ke lokasi.
Mobil elf  : 35rb - 525rb harga tergantung jumlah penumpang yang naik, sopir elf tidak akan berangkat apabila belum penuh 15 orang, dan biasanya pada akhirnya penumpang yang sudah berkumpul akan patungan untuk membayar kursi kosong yang tidak terisi (saya menunggu sekitar 6 jam >.< )



Untuk soal penginapan dan jeep bisa menanyakan ke sopir biasa mereka ada rekanan dengan harga hotel mulai dari 150rb dan jeep 600rb untuk 4 lokasi.
Namun info saat tiba disana katanya bisa lebih murah bila mau mencoba hunting sendiri jeep bisa sekitar 500rb untuk 4 lokasi.

Destinasi Wisata

Setelah sampai dicemoro lawang dan mendapat jeep. rekan akan dijemput pukul 03.00 untuk mulai berwisata di kawasan gunung bromo. jangan lupa membayar tiket masuk sebesar 35rb untuk wisatawan lokal dan 250rb untuk wisatawan asing.

Ada 4 wisata terkenal :
- Penanjakan 1 (melihat sunrise) : disini rekan akan ditawarkan naik ojek sampai lokasi Rp 10rb, namun saran saya tetap berjalan saja karena tidak terlalu jauh.
- Kawah Bromo : ini tantangan sebenarnya , jarak sampai ke anak tangga menuju kawah bromo sekitar 2 kilo ditambah kita harus menaiki 250 anak tangga. Apabila tidak kuat bisa naik kuda harga bervariatif , saat turun jeep 80rb , saat berjalan sampai padang pasir 50rb, saat melewati pura bahkan bisa 50rb untuk bolak balik.
- Savana / Bukit teletubies : Pemandangan hamparan rumput dan bukit yang indah dan luas sangat cocok untuk jadi objek foto
- Padang pasir



Jangan lupa untuk menggunakan jaket yang tebal, sarung tangan, penutup kepala, dan kaus kaki. Apabila tidak punya bisa beli di sekitar penginapan untuk topi 15rb, sarung tangan 10rb, kaus kaki 10rb. untuk jaket bisa disewa di lokasi penanjakan 1 seharga 20rb.

Untuk makanan di sana tidak terlalu mahal :
- Indomi telur 10rb
- minuman hangat (jahe, teh, susu) 5rb
- Gorengan 2rb
- Nasi goreng 15rb

trip akan selesai sekitar pukul 10.00-11.00 pagi , rekan-rekan bisa kembali dengan rute yang sama dengan elf (biasa berangkat jam 09.00 dan 18.00) atau janjian dengan driver elf yang kemarin mengantar.

Selamat menikmati perjalanan dan jangan lupa komen di sini apabila ada perubahan harga atau informasi.
(update harga desember 2016)